Sunday, January 8, 2023

10 Cara Mengatasi Laptop Lemot paling Mudah

Jika Anda membuka menu System Tray di pojok kanan bawah Task Bar, Anda akan melihat banyak program yang bekerja di background. Jika program yang berjalan di background ini terlalu banyak, Anda akan mendapati kondisi laptop yang lemot. Laptop yang bekerja di atas speknya tidak akan mampu menjalankan terlalu banyak program secara bersamaan. Jika progam sudah tertutup dan beban program di background sudah tidak berat, laptop akan kembali berjalan lancar. Untuk mencegah program berjalan otomatis saat laptop dinyalakan, Anda bisa membuat program tersebut tidak aktif saat start up. Program ini sekarang hanya akan aktif jika Anda menyalakannya secara manual. Windows menyediakan tampilan animasi yang memang bagus. Masalahnya untuk laptop yang sudah berat menjalankan program, beban efek animasi malah akan membuat laptop semakin lemot. Untuk mendapatkan kembali kecepatan laptop untuk program Anda, matikan efek animasi ini. Pilihan ini akan mematikan semua efek tidak penting dan memaksimalka n performa laptop dalam menjalankan program.10. Laptop yang bermasalah dengan kecepatan biasanya bisa juga disebabkan oleh penggunaan browser yang tidak terpantau. Browser yang sudah lama digunakan akan menyimpan history, cookies dan internet cache untuk mempermudah proses browsing. Masalahnya data - data ini dapat memperlambat proses berjalannya laptop. Pastikan selalu untuk menghapus data browser yang tidak perlu. Jika masih lambat setelah melakukan ini semua, anda dapat melakukan pengecekan apakah terdapat virus di browser atau laptop anda. Kami rekomendasikan untuk menggunakan Malwarebytes antivirus, anda cukup googling, instal dan gunakan versi gratisnya (trial). Sejauh ini Malwarebytes merupakan antivirus yang dapat mendeteksi secara menyeluruh bahkan hingga virus yang terdapat disemua browser yang ada dilaptop anda. Melakukan perawatan pada laptop adalah cara mengatasi laptop lemot yang paling mudah sebelum akhirnya menjadi lebih parah. Perawatan ini tidak perlu ke tempat ser vice, cukup dengan melakukan defrag secara rutin, menghapus program lama yang tidak diperlukan, rutin mematikan laptop setelah penggunaan lama serta membersihkan bagian luar untuk menghindari debu masuk ke dalam.

Cara mengatasi laptop lemot selanjtunya adalah dengan penambahan RAM. Penambahan RAM akan membuat laptop memiliki penyimpanan lebih banyak, sehingga akan mengatasi lemot pada laptop. Saat menambah RAM, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, jangan asal menambah kapasitas RAM, perhatikan spesifikasi RAM (RAM DDR3, atau RAM DDR3L, serta RAM DDR4) dan juga kapasitas maksimal RAM yang bisa diaplikasikan pada laptop kita. Anda perlu mereset ulang laptop jika usia laptop sudah berkurang kinerjanya. Salah satu yang paling sering terpengaruh adalah sistem operasi (OS), terutama Windows. Jika Windows sudah mengalami error, maka kinerjanya tidak akan optimal atau sering crash. Bila sudah terlalu parah, kami sarankan untuk mereset atau menginstall ulang Windows Anda. Anda juga b isa mengganti Windows ke OS lain yang lebih enteng, seperti Linux, ada banyak OS berbasis Linux yang beredar saat ini, tinggal Anda pilih yang menurutmu sesuai. Thermal Paste merupakan pasta yang berguna untuk mendinginkan dan menjaga suhu prosesor agar tidak cepat panas. Dengan suhu prosesor yang stabil, tentunya akan membantu kinerja laptop menjadi lebih stabil juga dan tidak cepat lemot.

Uninstall aplikasi atau program tidak penting pada drive C atau folder aplikasi di tempat lainnya. Lakukan pembersihan satu-satu agar tidak ada aplikasi atau program yang terlewat. Fungsi dari thermal paste adalah untuk menyalurkan panas dari processor ke heatsink. Permukaan processor dan heatsink bisa saja tidak rata, sehingga laptop membutuhkan penghubung yang mampu mentransfer panas keluar dari mesin. Jika tidak menggunakan thermal space, panas akan berumpul di area tengah laptop dan merusak processor. Laptop yang sudah dipakai sejak lama dapat merusak software dan hardware. Salah satu y ang paling terdampak adalah sistem operasi (OS), terutama pada laptop Windows. Apabila Windows sudah rusak, kamu disarankan untuk langsung mereset ulang. Untuk yang tertarik, mungkin kamu juga bisa mengganti sistem operasi dari Windows menjadi Linux. Sistem operasi Windows memang lebih baik. Namun, sifat Linux yang enteng dipercaya dapat mengatasi laptop lemot dengan mudah. Cara agar laptop tidak lemot berikutnya adalah mengganti memori HDD. Harddisk HDD yang penuh dan tua otomatis akan memperlambat kecepatan data. Itulah mengapa kamu disarankan untuk menggantinya menjadi SDD. Cara mengatasi laptop lemot ini akan mendorong proses booting jauh lebih cepat. Sayangnya, harga memori SDD tidak ramah di kantong. Mau enggak mau ya harus nabung! Cara agar laptop tidak lemot satu ini jarang diketahui orang karena tool-nya yang susah dicari. Kamu bisa memanfaatkan tool Disk Defragment yang ada pada control panel. Melalui tahapan analisa dan juga optimasi, file kamu akan tertata sedemikian rup a. Kamu juga bisa mengetahui berapa banyak file sampah yang membuat lemot laptop kesayangan Anda. Laptop dijamin langsung ngebut, deh! Banyak yang Belum Tahu, Begini Ternyata Cara Membersikan Keyboard Laptop Paling Aman! Semoga bermanfaat ulasannya ya, Sahabat 99… 12 Potret Rumah Pevita Pearce Bernuansa Serba Putih Elegan | Ada Ruang Khusus Dandan & Olahraga! 5 Cara Menghilangkan Semut pada Tanah Tanaman dengan Mudah. Bisa Pakai Bahan Rumahan!

Proses loading jadi lambat atau membuka aplikasi jadi tidak secepat dulu. Jika hal itu terjadi, berarti kinerja laptop kamu sudah mulai lemot atau lambat. Tetapi, kamu jangan terburu-buru untuk mengganti laptop baru, karena ada beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa kamu coba. Seperti alat elektronik lainnya, laptop juga bisa mengalami penurunan performa dan ini merupakan hal yang sangat wajar, meskipun spesifikasinya tinggi. Terlebih lagi jika settingan pada laptop kurang maksimal. Hal ini mengarah pada beberapa laptop gaming terbaru saat ini sudah mulai banyak memberikan pembekalan Software Performance Management. Kinerja laptop yang terlalu berat yang disebabkan oleh banyaknya aplikasi berjalan dan akan aktif Ketika laptop dinyalakan. Hard disk yang sudah lama akan mempengaruhi performa laptop menjadi lebih lemot. Kapasitas hard disk sudah terlalu penuh. Terdapat program berat yang tidak didukung oleh processor laptop sehingga menjadi lemot. Terlalu banyak temporary files yang memakan ruang hard disk dan menjadikan laptop lebih lambat.

Berikut ini langkah yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan sampah di laptop dengan perintah pada Run agar laptop kembali ngebut. Ketikkan kata kunci 'run' di menu pencarian Windows, dan buka program Run. Ketikkan perintah %temp% pada program ini lalu tekan enter. Hapus semua temporary files yang tersimpan pada laptop atau PC kamu. Seperti yang kamu lihat pada contoh gambar yang Jaka sertakan, perintah ini akan menunjukkan puluhan hingga ratusan temporary file ya ng tersimpan pada laptop kamu. Kamu bisa menghapus semua file ini, atau bila ada program tertentu yang ingin kamu pertahankan temporary file-nya kamu bisa mencarinya terlebih dahulu dan tidak menyertakannya pada proses penghapusan. Metode satu ini sendiri sangat populer dan dikenal sebagai 'cara mengatasi laptop lemot TikTok', sebab banyak seleb TikTok yang menyarankan cara ini untuk meningkatkan performa laptop, geng. Selain menggunakan software antivirus, kamu juga bisa menggunakan Command Prompt alias CMD untuk menghilangkan virus yang menyebabkan laptop lemot.

No comments:

Post a Comment